20 April 2010

Berbisnis di dunia maya?

Berbicara soal internet alias dunia maya sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya dari kita dilahirkan di dunia nyata ini, dunia maya sudah berdampingan dengan kita. Bedanya kalo dunia nyata itu diciptakan Tuhan sedangkan dunia maya merupakan hasil olahan teknologi manusia (betul ga?). Internet hasil teknologi manusia, dipakai untuk segala kebutuhan yang memudahkan kehidupan. Metode bisnis pun sudah lama ditanamkan pada internet. Hal demikianlah yang dikenal dengan bisnis online.

Dunia internet memiliki prospek yang bagus dan mengikuti perkembangan pola hidup masyarakat ke masa mendatang. Mau atau tidak kita akan terus dibawa perkembangan jaman dan teknologi. Contoh kecil aja nih, system penjualan tiket pesawat sudah bisa dilakukan dengan online system, jual beli barang juga udah lama merambah dunia internet. Kalo jaman saya sekolah pengenalan internet baru di dapat saat SMA, kalo sekarang bocah SD udah dapat pengenalan komputer dan internet. Terbukti kalo lambat laun dunia internet makin menjamur disemua kalangan dan kebutuhan. Bener juga ya kalo kita pikir-pikir ?!/;@.*6^$%#??.? Makanya kita TIDAK boleh terlindas teknologi, mumpung itu semua belum terjadi, WASPADALAH!! WAASPADALAH!!. (Hehehe, kayak bang napi). Tapi kita belum telat kok buat belajar mengikuti perkembangan teknologi.
Atas dasar itu kita bisa menilai bahwa lahan internet sangatlah luas (mungkin melebihi luas daratan bumi kali yach). Karena begitu luasnya lahan internet itulah kita bisa memanfaatkan berbagai macam peluang untuk mencari sesuap nasi dan segenggam berlian (wow ngeri bok). Bisa-bisa juga jadi pekerjaan utama anda. Ya, alasan saya kenapa internet itu adalah peluang yang bagus. Ada beberapa alasan pokok saya :

1. karena internet memiliki jangkauan yang luas bahkan dunia
2. memiliki tujuan yang tertarget (efektif) dan otomatisasi
3. hemat waktu dan tenaga
4. efisien biaya
5. modal kecil bahkan mulai dari Rp. 0
6. bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja kita mau
7. banyak metode bisa diikuti sebagai sumber penghasilan

Jadi mengapa sekarang kita hanya diam saja, coba anda bayangkan dengan pengguna internet sehari melebihi 20 juta orang tiap jamnya itu merupakan peluang bisnis yang prospektif. Ada beberapa jenis program di internet yang bisa menghasilkan uang untuk anda seperti periklanan, menulis artikel, mengedit tulisan, menjadi reseller (penjual barang ato jasa), dan masih banyak yang lainnya. Pesan saya kalo anda sudah berhasil jangan terlalu gila harta ya, kehidupan di dunia sewajarnya aja, berbagilah atas apa yang anda dapat dengan sesama. Okey frend??!!

Semua program bisnis di internet tak lepas dari system pembayaran, sistem pembayaran ada 2 macam yaitu check dan payment gateway. Jika jika perusahaan menyediakan pembayaran secara check, maka anda akan dikirim sesuai dengan alamat yang anda informasikan. Namun jika perusahaan melakukan pembayaran melalui ‘payment gateway’ artinya anda harus memiliki rekening di internet. Metode ‘payment gateway’ digunakan untuk program yang dipakai internasional.

Nah, ternyata disamping kita punya bank dalam dunia nyata, di dunia internet pun juga mengenal bank. Ya, fungsinya kurang lebih sama dengan di dunia nyata. Bank di dunia internet berlaku internasional, biasanya menggunakan default mata uang USD. Untuk apa sebenarnya Bank di internet itu?? Segala transaksi jual beli kirim terima bahkan tukar mata uang bisa dilakukan disini. Bank dalam dunia internet pun bisa dihubung dengan bank kita di dunia nyata.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon