17 March 2018

Menyimpan Banyak Gambar Autocad ke Dalam Satu File PDF

Hi guest,,

Beberapa diantara kita mungkin sudah terbiasa menyimpan hasil gambar autocad dalam format PDF. Meskipun yang terjadi hanya 1 halaman saja. Tapi karena kebutuhan tertentu, mengharuskan kita untuk menyimpan beberapa atau banyak gambar autocad menjadi satu file PDF yang terdiri dari beberapa halaman.

Seperti contoh pada hasil gambar dibawah ini,
Dari gambar model yang saya buat diatas, saya akan menyimpan dalam satu file PDF yang terdiri dari 2 halaman.

Caranya :
1. Buatlah 2 layout yang masing-masing pada contoh sudah saya modify sedemikian rupa sehingga seperti pada gambar dibawah ini :

Layout 1 saya rename menjadi Topologi, dan Layout 2 saya rename menjadi SLD

2. Pada tampilan layout Topologi atau SLD, ketik command EXPORTPDF lalu enter. Atau dengan klik menu bar Output. Pada gambar yang saya lingkar biru, klik pada panah bawah dan ubah option menjadi PDF.

3. Window selanjutnya akan muncul seperti dibawah ini
Pada gambar diatas,
  1. Pilih lokasi penyimpanan file PDF
  2. Pilih kualitas PDF yang akan dihasilkan, dari low sampai high quality
  3. Apabila anda memiliki beberapa layout dan berniat akan menyimpan layout tertentu saja, pilih layout yang akan disimpan ke PDF



4. Hasil penyimpanan selesai, masing-masing layout akan menjadi satu halaman pada file PDF.

1 komentar


EmoticonEmoticon