27 October 2010

Perbedaan Kliring dengan RTGS

Tulisan ini saya buat karena rasa penasaran saya pada layanan transfer dana menggunakan kliring dan RTGS. Salah satu layanan yang diberikan oleh bank berupa internet banking. Kebetulan saat ini saya lagi butuh yang namanya transfer dana, dengan menggunakan layanan internet banking. Contoh bank yang saya pakai BNI, mungkin hampir sama semua bank yang menggunkan fasilitas internet banking
Pada fasilitas transfer dana ada 3 pilihan, yaitu:
  1. transfer antar rekening bank (dalam satu bank)
  2. transfer menggunakan kliring
  3. transfer menggunakan RTGS
Ada 2 jenis transfer yang menyulitkan bagi saya dan sekarang sudah ketemu jawabannya:
  1. Kliring Kalau pake yang ini, misalnya BNI menyetorkan duit pada BI, baru dari BI diteruskan pada Bank Penerima, makanya memakan waktu 2-3 hari. Soalnya proses kliringnya pun ada batasannya (misalnya di atas pukul 15.00 WIB, transaksinya baru diproses keesokan harinya, artinya bisa lebih lama lagi)
  2. RTGS ternyata kepajangan dari Real Time Gross Settlement. Ini yang disebut dengan transfer real time. Jadi dari BNI, langsung diteruskan ke Bank penerima saat itu juga. Konsekuensinya, biaya transfernya jadi lebih mahal. Dari pengalaman menggunakan RTGS pada bulan oktober 2010 kemarin, dari bank BNI menggunakan internet banking dikenakan charge Rp. 17.500.
Semoga bermanfaat untuk rekan sekalian

42 comments:

  1. Terima kasih Informasinya, sangat bermanfaat.
    salam.
    Suwarno Simin
    suwarno_simin@yahoo.com
    www.limasatunet.blogsot.com

    ReplyDelete
  2. wah ini nih yang ane cari2..
    thanks infonya gan...

    http://hsp21.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mantab infonya, saya baru tau juga nih boss, kebetulan tadi ada yang tanya ke saya dan bingung jawabnya hehe, dengan penjelasan disini jadi jelas n gamblang, thx infonya :)

    ReplyDelete
  4. Mksh info nya...
    Nice shared...

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya,,walau sekilas namun sangat bermanfaat.
    salam...

    ReplyDelete
  6. wah...... trimakasih infonya penjelasannya langsung ga muter2 kaya gangsing he3

    ReplyDelete
  7. Makasih banged om mimin~~~gw mang lg nyari2 data perbedaan kliring dan RTGS :D

    ReplyDelete
  8. baru tahu saya..
    makasih infonya ^_^

    ReplyDelete
  9. berarti kalo yang kliring itu gratis ya om.. hanya saja waktuna 2-3 hari itu..oke thanks om info na..

    ReplyDelete
  10. xi.xixiiii... pas banget, makasih infonya..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. owww ane ngarti sekarang thanks gan atas infonya.

    ReplyDelete
  12. thx bos...ga jd deh tranfer dr bni... mahal n lama cuy..

    ReplyDelete
  13. Akhirnya.. Rasa penasara gw terjawab sudah... Makasih infonya...

    Pantes waktu itu gunain kliring... Nunggu 1hari baru masuk.. (Mandiri ke bca) dgn biaya Rp.2.500

    Kalo yg RTGS nya internet banking mandiri belum saya test... :D

    Sekali lg makasih infonya boss

    ReplyDelete
  14. Wah kebetulan niy..sy jug apke BNI.

    Brarti klo RTGS lebih cepet ya dari Kliring ?? (asumsinya semua dilakukan sebelum jam 15.00 deh)

    Trus mengenai Biaya transfer RTGS yg Rp.17.500 itu ke semua bank ya

    ReplyDelete
  15. kalo pake kliring kena charge berapa mas? misal dari BNIke mandiri atau BCA. RTGS (Real Time Gross Settlement) memang mahal mas. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  16. MAKASIH INFONYA...
    JADI MENDING PAKE ATM SAJA YA...

    ReplyDelete
  17. hatur nuhun,pas nu saya cari

    ReplyDelete
  18. Bermanfaat sekali...


    Terima kasih

    ReplyDelete
  19. thanks for infonya..

    ReplyDelete
  20. niat hati maw tanya ke bank, tapi males, gak tawnya bisa dapet penjelasan dari sini. makasi mas bro.

    ReplyDelete
  21. terima kasih atas keterangannya... saya juga penasaran dengan dua istilah tersebut

    ReplyDelete
  22. @ all : makasih agan2 semua,, maaf neh baru balas commentnya karna udh lama gak buka blogspot. sekarang saya pny rumah baru d www.bigbosh.com kalo ada waktu berkunjung gan.

    ReplyDelete
  23. Terima kasih banyak , informasinya sangat bermamfaat.

    ReplyDelete
  24. mampir deh kesini,,,, thanks informasinya

    ReplyDelete
  25. Nice info brader.

    sy sering pake RTGS-nya BNI, biaya administrasinya masih Rp. 17.500 kok.

    Pastikan koneksi internetnya lancar agar proses RTGS bisa berjalan lancar jg. Sy transfer ke BCA lngsung masuk dng jeda waktu sktr 3 sd 5 menitan deh.

    trims.

    ReplyDelete
  26. thx info nya, lumayan dapet pencerahan :)

    ReplyDelete
  27. terimakasih infonya bos,,sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  28. terimakasih informasinya. sayang dari pihak BNI ga di kasih tau perbedaan nya yg seperti disebutkan diatas :-(

    ReplyDelete
  29. kalo antar bni kena pajak juga ga ya gan koo pake i-banking ??

    ReplyDelete
  30. info yang menarik ...singkat dan jelas

    ReplyDelete
  31. terima kasih...good info

    ReplyDelete
  32. emang saat transfernya, pake kode rekening kliring ya?

    ReplyDelete
  33. terima kasih pak infonya kebetulan saya sudah transfer pake kliring galau gak langsung terkirim langsung ke rekening tujuan

    ReplyDelete
  34. terima kasih gan infoya sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  35. Terima kasih banyak informasinya... sangat bermanfaaat.

    ReplyDelete
  36. kalo ATM terbatas cuma 10 jt kalo tdk salah.. Thanks

    ReplyDelete

 

Pustaka Raya Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha