28 April 2010

Memulai dengan Blogger

logger menawarkan cara mudah untuk berkolaborasi, berdiskusi, atau berbagi pemikiran Anda dengan orang lain. Panduan ini dapat membantu Anda membiasakan diri dengan fitur-fitur utama dari Blogger dan mulai menulis blog Anda sendiri. Untuk mulai menggunakan Blogger, cukup sign in dengan Google Account. (Jika Anda menggunakan Gmail, Google Groups, atau orkut, Anda sudah memiliki account) Jika Anda tidak memiliki Account Google, Anda dapat membuatnya sekarang.

Membuat blog

Untuk memulai dengan Blogger, kunjungi homepage Blogger, masukkan nama pengguna Anda dan password, dan klik Sign in Masukkan nama layar dan menerima Syarat Layanan Blogger. Kemudian klik link Make Blog dan kita mulai! Pilih nama dan alamat (URL) untuk blog Anda. Kemudian, memilih template favorit (ini adalah bagaimana blog Anda akan terlihat ketika Anda mempublikasikannya). Sekarang greative, menambahkan informasi ke profil pribadi Anda, dan kustomisasi bagaimana blog Anda terlihat, jika Anda merasa sanggup melakukannya. Mulai blogging sekarang!


Tulis posting Anda

Setelah Anda masuk ke Blogger, Anda akan melihat dashboard Anda dengan daftar blog. Inilah yang perlu Anda lakukan:

  1. Klik tombol New Post dan memasukkan apa pun yang Anda ingin berbagi dengan dunia.
  2. Berikutnya, Anda akan melihat halaman Buat Posting Baru. Mulailah dengan memberi judul posting Anda (opsional), kemudian masukkan posting sendiri
  3. Setelah selesai, klik link Pratinjau untuk memastikan sudah siap untuk di publish
  4. Setelah Anda puas dengan posting Anda, klik tombol Publish. Ini akan mempublikasikan posting baru Anda.



Tambahkan gambar

Anda dapat menambahkan gambar dari komputer Anda atau Web ke blog Anda. Klik ikon gambar pada toolbar editor posting. Sebuah jendela akan muncul mendorong Anda untuk mencari file gambar di komputer Anda, atau masukkan URL gambar di Web. Setelah Anda memilih gambar Anda, Anda kemudian dapat memilih layout untuk menentukan bagaimana gambar Anda akan muncul di posting Anda:

  • 'Left', Center, dan 'Right' memungkinkan Anda untuk menyesuaikan letak gambar  terhadap teks blog Anda.
  • “Image size” akan menentukan seberapa besar gambar akan ditampilkan dalam posting Anda.
Klik UPLOAD IMAGE untuk menambahkan gambar Anda, kemudian klik DONE ketika jendela pemberitahuan muncul mengatakan bahwa citra Anda telah ditambahkan. " Blogger akan kembali Anda ke editor posting, di mana Anda akan melihat gambar Anda siap untuk dipublikasikan ke blog Anda.

Anda juga dapat menayangkan gambar ke blog Anda dengan menggunakan perangkat mobile Anda, foto gratis perangkat lunak Google Picasa, atau layanan pihak ketiga seperti flickr.


Tambahkan video

Untuk menambahkan video ke posting blog Anda, klik ikon film strip pada toolbar editor posting di atas di mana Anda menulis teks blog Anda. Sebuah jendela akan muncul mendorong Anda untuk "Tambahkan video ke posting blog Anda."

Klik Browse untuk memilih file video dari komputer Anda yang ingin Anda upload. Catatan bahwa Blogger menerima AVI, MPEG, QuickTime, Real dan Windows Media file dan video Anda harus kurang dari ukuran 100MB.

Sebelum meng-upload video Anda, menambahkan judul pada kotak 'Judul Video' dan menyetujui Persyaratan dan Ketentuan (Anda hanya perlu melakukan ini pertama kali yang Anda upload video dengan Blogger). Kemudian klik UPLOAD VIDEO. Sementara upload video Anda, Anda akan melihat placeholder dalam menampilkan editor posting mana video Anda akan muncul. Anda juga akan melihat pesan status di bawah editor posting membiarkan Anda tahu bahwa upload Anda sedang berlangsung. Tergantung pada ukuran video Anda, hal ini biasanya berlangsung sekitar lima menit. Ketika selesai, video Anda akan muncul dalam editor posting.


Menyesuaikan tata letak Anda

Template Anda adalah cara yang menyenangkan untuk menyesuaikan blog Anda. Ketika membuat blog baru, pertama Anda diminta untuk memilih template default, ini adalah desain dasar blog Anda. Anda dapat memilih dari menyesuaikan desain blog Anda menggunakan antarmuka intuitif kita drag-and-drop. Anda juga dapat menambahkan gadget yang kuat seperti tayangan slide, iklan pengguna jajak pendapat, atau bahkan AdSense. Mengubah font dan warna pada blog Anda terlalu mudah. Jika Anda menginginkan kontrol yang lebih tepat atas layout blog Anda, Anda juga dapat menggunakan fitur Edit HTML. Untuk mengedit layout blog Anda, ikuti langkah berikut:

  1. Klik link Tata Letak dari dashboard Anda di bawah blog yang ingin Anda menyesuaikan.
  2. Pada Page Elements, klik Edit untuk mengedit gadget yang ada, atau Tambah Gadget untuk menambahkan yang baru.
  3. Untuk menambahkan gadget baru setelah Anda mengklik Tambah Gadget, cukup klik tanda plus sebelah gadget yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari gadget menurut kategori atau pencarian untuk gadget tertentu di bagian kanan atas jendela pop-up.
  4. Setelah Anda menambahkan informasi yang diperlukan untuk gadget pilihan Anda, klik SAVE. perubahan tata letak Anda akan muncul langsung.

 
Privasi dan hak akses

Secara default, blog Anda benar-benar publik, dan dapat dibaca oleh siapapun di internet. Namun, jika Anda ingin menyimpannya pribadi, Anda bisa melakukan itu juga. Anda CNA mengubah pengaturan ini pada tab Setting | Permissions.

  1. Pembaca Blog 'bawah' pos, Anda mungkin akan melihat 'Siapa saja' dipilih sebagai default. Bila Anda mengubah ini untuk 'pembaca Hanya saya pilih,' Anda akan mendapatkan tombol Add Readers.
  2. Klik tombol Add Readers dan kemudian masukkan alamat email dari orang yang Anda ingin memberikan akses ke blog Anda. Untuk menambahkan beberapa orang, alamat masing-masing dengan koma.
  3. Untuk setiap alamat dimasukkan, Google Account terkait dengan alamat yang akan diberikan akses untuk melihat blog Anda. Jika alamat tidak terkait dengan rekening, orang itu akan menerima email undangan dengan link yang memungkinkan mereka melakukan salah satu dari tiga hal:
• Sign in ke account yang ada.
• Menciptakan account baru.
• Lihat blog Anda sebagai tamu (tidak memperhitungkan diperlukan).


Ikuti blog lainnya

Dengan fitur Blogger Setelah Anda dapat melacak dari blog Anda mengikuti melalui Anda Membaca Daftar di dashboard Blogger. Ada beberapa cara untuk menjadi seorang pengikut blog. Salah satu cara termudah adalah dengan mengunjungi sebuah blog yang telah menambahkan 'Berikut' widget, iklan kemudian ikuti langkah-langkah:

  1. Klik FOLLOW THIS BLOG link di bawah 'widget Pengikut'.

  1. Anda kemudian akan melihat jendela pop-up dengan baik mengikuti pilihan untuk umum atau anonim.

  1. Pilih bagaimana Anda ingin mengikuti blog, kemudian klik tombol oranye FOLLOW. Anda sekarang seorang pengikut blog! Jika Anda memilih untuk mengikuti blog umum, gambar profil Anda akan ditampilkan di blog dengan link ke profil Blogger Anda.
  2. Ketika Anda menjadi pengikut dari sebuah blog, blog juga akan ditambahkan ke Daftar Membaca pada dashboard Blogger Anda. Selain itu, Anda dapat menjadi pengikut dari setiap blog atau URL (bahkan jika blog tidak memiliki 'widget Pengikut') dengan menambahkan blog untuk Anda Membaca Daftar di dasbor.



1 komentar

widget pengikut saya eror... sering tidak tampil pada blogspot saya... tolong bantuanya,,, (send ke blog aku ya..)


EmoticonEmoticon