16 October 2014

Cara Mengisi Blanko Kosong Dengan Ketikan Komputer

Terkadang kita di hadapkan kerjaan harus bisa isi tulisan kosong di blanko tertentu. Bisa kertas sertifikat, ijazah, kwitansi, dll. Nah, biar tulisan bisa di print dengan tepat pada tempat bergaris / tempat yang di tentukan, simak caranya dibawah ini :
  1. Scan terlebih dahulu blanko kosong anda dan simpan dalam bentuk pdf. Tidak recomended disimpan dalam bentuk jpg karna nantinya akan menyusahkan.
  2. Convert file pdf yang udah discan ke format Ms. word. Saya biasanya convert gratis di sini http://pdftoword.com/
  3. Buka file yang udah jadi word, hasil conversi ini seperti insert picture ke dalam ms. word, tapi tidak masalah, coba anda print file word ini dan cocokkan ukurannya dengan blanko asli, sama atau tidak. Hasilnya sudah pasti sama.
  4. Sekarang tinggal buat isian di titik-titik blanko dengan cara insert TEXT BOXT. Tempatkan posisi sesuai dengan yang anda tentukan.
  5. Kalo udah jadi semua hapus tu picture, jadi sekarang tinggal tulisan-tulisan yang ada dalam TEXT BOX. Sekarang udah bisa anda coba print di blanko kosong.

6 komentar

Kalau mengisi satu atau dua blanko dengan isian datanya banyak mungkin tidak masalah, tetapi kalau blanko yang akan kita isi banyak, misalnya mengisi ijazah yang terdiri dari 40 orang siswa maka mengisikan data sebanyak itu terasa merepotkan juga. Lalu bagaimana caranya mengisikan data tersebut dengan cepat seandainya semua data siswa sudah disiapkan dalam bentuk tabel di excel. Mohon pencerahannya. thanks

Caranya data di tulis di excel, lalu mail merger ke word yag sudah ada tex box nya....

Bgmn cara menghilangkan garis text boxnya

maaf gan mau nanyak file yang sudah di convert tersimpan dimana ya?


EmoticonEmoticon